Hukum Ziarah Kubur Secara Islami

Tidak pernah ada larangan bagi siapapun orang yang ingin melakukan ziarah kubur. Baik itu untuk orang islam maupun non-islam. Karena hakekatnya berziarah kubur adalah mengunjungi orang yang telah meninggal yang kita kenal guna mendoakan untuk kesejahteraannya. Dengan diperbolehkannya ziarah kubur untuk siapapun ini bukan berarti kita terbebas dari hukum ziarah kubur yang telah ditentukan oleh agama kita.

Hukum ziarah kubur secara islami berarti hukum – hukum dalam berziarah kubur yang harus kita patuhi sebagai orang islam yang baik. Jika kita melanggar hukum tersebut maka ziarah kubur yang kita lakukan bukan menjadi suatu amalan justru sebaliknya, menjadi dosa.

Hukum Ziarah Kubur Bagi Wanita

Ada hukum dalam islam tentang ziarah kubur untuk wanita seperti berikut :

  1. Sunnahnya Ziarah Kubur Bagi Wanita. Memang banyak ulama – ulama tertentu yang melarang bahkan mengharamkan ziarah kubur bagi wanita. Hal ini dikarenakan wanita yang merupakan makhluk dengan hatinya yang lembut dan mudah menangis dan tidak jarang menggunakan emosi sehingga ditakutkan akan menyebabkan wanita tersebut menangis keras hingga meratap. Namun adanya hukum sunnah ini dikarenakan adanya tujuan berziarah yaitu untuk mengambil hikmah berupa pengingat kematian. Jika wanita tersebut betul – betul konsisten hanya untuk mengambil hikmah tersebut sekaligus mendoakan si mayat maka hukum ziarah kubur menjadi sunnah untuknya.
  2. Makruhnya ziarah kubur bagi wanita. Seperti halnya alasan mengapa hukum asal ziarah kubur dilarang bagi wanita, adalah sama dengan alasan mengapa ziarah kubur ini menjadi makruh. Yaitu karena ditakutkan wanita ini akan melakukan hal – hal menjadi larangan saat berziarah seprti mengais hingga meratap.

 

Hukum Ziarah Kubur Bagi Lelaki dan Ziarah Kubur Orang Non-Muslim

Sama halnya dengan wanita. Islam juga menentukan hukum ziarah kubur bagi laki – laki. Bahkan hukum untuk berziarah ke makam orang yang tidak islam.

  1. Sunnahnya ziarah kubur bagi laki – laki. Sama halnya dengan wanita, hukum berziarah kubur juga sunnah bagi laki – laki. Sebenarnya dulu bagi laki – laki juga dilarang karena mengingat laki – laki merupakan makhluk yang sulit mengontrol emosi. Jadi ditakutkan jika mereka berkata keji atau kotor saat berada dalam pemakaman. Namun kembali lagi pada tujuan awalnya. Jika untuk mengambil sebuah pelajaran dan hikmah mengenai kematian maka hukum larangan ini menjadi sunnah.
  2. Hukum berziarah ke makam orang non-islam. Sebenarnya adanya ziarah kubur ini hanya untuk orang islam saja. Karena di dalam kegiatan berziarah kubur ini ada unsur mendoakan untuk si mayat. Nah sedangkan untuk orang islam tidak diperbolehkan mendoakan orang non-islam saat ziarah. Sehingga hukum berziarah ke makam orang non-muslim ini menjadi boleh jika tujuannya hanya untuk agar kita senantiasa mengingat kematian dan bukan untuk mendoakan si mayat.

Berikut di atas adalah hukum – hukum ziarah kubur baik bagi laki – laki maupun bagi wanita pada umumnya. Kita sebagai orang islam yang akan melakukan ziarah ini harus betul – betul memahami hukum tersebut.Membicarakan mengenai hukum berziarah kubur, ada baiknya kita juga belajar bagaimana tata cara pemakaman islami yang baik dan benar dan sesuai dengan syariat dan hukum islam. Nah kita bisa belajar dari Pemakaman Al Azhar Karawang. Di sini tersedia lahan untuk pemakaman, pengurusan pemakaman pun ada. Jadi ada baiknya kita belajar mengenai ini juga.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *